Pendidikan Dasar

 

Pendidikan Dasar di SABAYA Talent-based School memiliki rentang usia 6 - 12 tahun. Dengan pendekatan thematic teaching dan terintegrasi penuh, dimungkinkan anak anak akan mudah menemukan potensi bakat yang yang telah dimilikinya. Pendekatan belajar melalui thematic teaching begitu sangat penting dilakukan di tahap pendidikan dasar karena akan mempermudah siswa untuk bisa memahami materi materi yang akan disampaikan. Tema tema yang diambil dari lingkungan anak anak akan menjadi penjembatan antara keingintahuan menuju pengetahuan yang membawa ke prestasi optimal setiap anak.

Yang perlu diperhatikan Tema adalah alat, tema bukanlah tujuan dari belajar itu sendiri. Semisal tema tentang "Diriku", Anak tidak hanya akan belajar tentang dirinya. Namun lebih jauh, lewat dirinya anak anak akan belajar tentang, bersih diri, mengenal potensinya, mensyukuri atas anugrah Allah dari apa yang dimiliki, menumbuhkan empati pada makhluk lain diluar dirinya, yang mungkin memiliki keistimewaan dan kekurangan dari yang dimilikinya. Dengan mengenal dirinya, dia akan paham bagaimana meningkatkan prestasi pada dirinya dan terlebih lagi, bagaimana keberadaannya menjadi manfaat bagi lingkungannya.

Dengan pembelajaran terintegrasi penuh, diharapkan anak anak tidak memahami sebuah permasalahan itu hanya perbagian saja (parsial). Menyikapi sebuah permasalah bisa akan dibiasakan dilihat dari berbagai sudut pandang. Belajar menanam pohon, bukan hanya tentang bagaimana kita mempersiapkan ladang bercocok tanam. Mereka perlu membuat perencanaannya, mengihitung waktu dan biayanya, menentukan lokasinya, memperkuat tanggung jawabnya dalam mengelola tanamannya. Melihat seberapa manfaat dari kegiatan menanamnya. Lebih jauh mereka mampu memahami kebutuhan tanaman, cara berkembang biaknya dan sebuah rasa syukur pada sang pencipta karena telah menghadirkan tanaman yang mampu menjaga lingkungan tetap terjaga.